berjalan

Pastikan Belanja Fashion Anda Hanya di JONA OLSHOP "Dengan Harga Pass dijamin anda Puasss" kami Juga Melayani Aneka Macam Dekorasi,Karangan Bunga dan Bunga Segar

Senin, 05 Oktober 2015

HARI PANGAN SEDUNIA : Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku



“Artikel Lomba Hari Pangan Sedunia 2015 diselenggarakan PERGIZI PANGAN Indonesia”

Beraneka ragam mata pecaharian masyarakat di Negeri ini.  Banyak Mereka yang menjadi Pemulung , Karyawan Pabrik, Pegawai ,  sampai menjadi Juragan atau Bos besar. Tapi kalau kita merenung sejenak dari berbagai macam mata pencaharian yang ada , hanya Petani yang memegang peran utama dalam memenuhi kebutuhan pangan di Negeri ini. Bisa kita bayangkan bagaimana kehidupan kita kalo tidak ada Petani ? sudah pasti banyak masyarakat yang kelaparan. Bahkan sumber gizi dari Panganlah yang akan membuat hidup ini Sehat.



Kehidupan para petani sudah seharusnya di merdekakan oleh pemerintah , sehingga mereka tidak lagi menemui  pupuk mahal  dan Obat obatan tanaman yang mahal dan Pengairan yang susah.  Sebagai gambaran Orang tua kami sebagai Petani , Ternyata untuk menanam Padi itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit , dari biaya sewa traktor, Pupuk , benih , tenaga untuk mencangkul dan menanam . Apalagi rumah kamipun jauh dari Sawah.  Jadi butuh waktu lumayan untuk menuju area persawahan kami. Karena susahnya untuk mendapatkan air maka orang tua kami hanya bisa panen sekali dalam setahun hanya pada musim hujan saja. Biasanya kalau musim kemarau seperti ini Orang tua kami menanam mentimun , terong , cabai , buncis  itu pun sangat susah untuk masalah pengairanya.

 

Disamping menanam Padi dan sayuran Orangtua kami juga memelihara Sapi dan Kambing ,pernah terpikir di benak kami sungguh tiada istirahatnya Orangtua kami hanya untuk menanam sayuran , padi belum lagi mencarikan makanan untuk Hewan peliharaanya. 


Setelah itu kamipun berfikir itupun salah satu pejuang petani  di Negeri ini, padahal di luar sana masih banyak petani petani yang nasibnya berbeda beda , sungguh beruntung para petani yang berada di sekitaran rawa atau di lereng gunung , mereka  lebih banyak panen berkali kali dari pada petani di daerah kami yang tandus ketika musim kemarau begini.



Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku


Berbagai aneka ragam makanan yang ada di kehidupan kita , dari yang dimasak dirumah sendiri maupun di jual di supermarket itu bersumber pada Petani. Selain menghasilkan Pangan juga menghasilkan Gizi bagi tubuh kita. Petani disini bisa yang bisa dikatakan Pejuang Pangan dan Gizi itu tidak melulu di Padi saja , tapi semua petani yang menanam tanaman pangan . Pejuang sejati seorang petani biasanya di kendalikan oleh para buruh petani, yang menyewakan jasa tenaganya untuk juragan petani ( yang memiliki Lahan Pertanian ). Dapat dilihat disini kalau Juragan Petani itu hanya pemilik lahan , sedangkan Buruh petani itu orang yang bekerja sebagai tenaga petani , maka menurut kami orang yang dijuluki Petani Pejuang itu para buruh tani atau yang mempunyai lahan tetapi di kelola sendiri.


Tapi seiring dengan Majunya Zaman, akhirnya lahan pertanian di relakan untuk terkena Jalan Tol, dan perumahan perumahan mewah , padahal dengan di ganti rugi pun Uang yang diterima satu sampai dua tahun pasti habis , berbeda dengan yang masih mempunyai lahan , samapai kapanpun selama masih hidup sehat masih bisa memanen hasilya.


Momentum untuk  memperingati Hari Pangan Sedunia ke 35 di tahun 2015 ini  dengan tema nasional "Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan". Di harapkan Pemerintah untuk mensejahterakan para  Petani yang sudah memperjuangkan Pangan yang menjadi tulang punggung Negara ini


Pahlawan Gizi adalah Petani


Selamat Hari Pangan Sedunia


Semoga  Semangat para Petani Indonesia tak pernah Luntur

Tidak ada komentar: